Kamis, 20 Maret 2014

ANALISIS BUTIR SOAL 30 DAN 40 PG-5 ESSAY


Aplikasi ini merupakan salah satu dari banyak aplikasi yang mudah anda download di berbagai blog, ada yang versi berbayar ada pula yang gratis seperti blog kesayangan anda ini. Aplikasi Anabut versi 2014 kali ini hanya menyediakan Analisis 30-Pilihan Ganda dengan 5 Essay untuk kegiatan Ujian tengah semester dan 40 Pilihan ganda dengan 5 essay untuk ujian kahirnya, sehingga Nilai raport akhir akan anda dapat cetak jika nilai harian dan tugas siswa sudah anda input juga di sheet Data Siswanya.
Pada saat anda akan memulai melakukan tugas dengan aplikasi ini, lakukan terlebih dahulu input Data Umumnya, Seperti tombol Ganti Data Sekolah, untuk mengganti data umum sekolah anda, lalu tombol Input Nama Guru Mapel, tentu saja nama anda sebagai guru yang akan melakukan analisis Butir soal, jadi bangsa jin dilarang menggunakan ini, Nah langkah yang ketiga adalah ke tombol Input Data siswa, anda dapat melakukannya secara manual atau copy paste dari data lain, dengan catatan siswa masih dinyatakan hidup (jadi kalau sudah almarhum jangan dimasukin wkwkwk).
Jika ketiga langkah sudah selesai, abru anda masuk ke Form ujian anda baik UTS maupun UAS, ikuti tombol sesuai nomor urutnya.
Masukkan Tanggal Ujian yang sedang berlangsung di tombol nomor 1, dengan type (dd/mm/yy)- exp: 03/03/2014.
Tanggal ini adalah tanggal ujian dilakukan, jadi diisi secara manual.
Untuk tanggal input analisis akan otomatis tercetak dengan tanggal saat anda melakukan cetak lembar analisis ini, kami gunakan formula =TODAY(). untuk itu tidak ada input tanggal analisis ditampilkan dalam Form Aplikasi.
Berikut tampilan Input Data sekolah yang akan tampil saat anda melakukan edit data sekolah, data ini harus diisi semuanya, karena jika tidak maka Aplikasi akan menolak untuk menyimpannya. So, isilah dengan baik dan benar. Biar ga Dosa wkwkw.
Begitu pula saat anda melakukan input pada form Data Guru Mata pelajaran, kolom harus diisi, ini dilakukan untuk menghindari kesalahan data link pada form-form cetak.
Sayangnya saya lupa membuat Macro untuk menghapus Data Siswa dan Isi jawaban siswa, agar aplikasi ini bisa diisi berulang-ulang. Yah segini aja udah cukup Pusing buatnya para Excelers.
Oh iya, seperti biasa, bagi yang sudah hapal dengan
Kebiasaan Kami dalam membuat aplikasi, selalu saja menyertakan nama Tuhan didalamnya, jadi bagi kaum muslimin tentu saja akan mudah melakukan login di Aplikasi Gretong ini, wkwkwk. Tapi kalo tidak hapal juga (kelewatan) nih saya kasih screenshootnya biar HAPAL!!
Selamat mencoba, Download saja Disini
Semangatlah dalam Belajar dan jangan mudah putus asa, gunakan metode Trial and error saat menguji tetap sabar. Semangat EIUG!
Apa itu EIUG? mau tahu Click Disini!

8 komentar:

  1. mudah-mudahan bermanfaa, hatur nuhun

    BalasHapus
  2. bagaimana cara mengubah jumlah soal? bisakah? misalnya jadi 35 PG dan 5 essay. trims

    BalasHapus
  3. Terima kasih aplikasi analisis soalnya Kang.
    Saya mau nanya, cara ganti nilai KKM nya bagaimana ya?

    BalasHapus
  4. IYA BAGAIMANA CARA MERUBAH KKMNYA... MOHON BALASANNYA

    BalasHapus
  5. unprotect saja dengan password : annisa
    nanti KKM akan bisa ditelusuri.
    biasanya saya rubah KKM di menu

    BalasHapus